by

1.120 Paket Vaksin Tahap Pertama Segera Tiba di Kolaka Utara : Nakes Prioritas Utama Vaksinasi

TRIBUN KOLUT.COM, LASUSUA – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut, segera menerima 1.120 paket vaksin COVID-19 tahap pertama dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kolut, Irham, SKM., M.Kes semua tenaga kesehatan (Nakes), asisten tenaga kesehatan, serta tenaga penunjang di pelayanan kesehatan akan menjadi prioritas utama vaksinasi tahap pertama.

“Gelombang kedua semua Aparat Sipil Negara(ASN) lingkup pemerintah daerah Kolaka Utara termasuk TNI/Polri dan Wartawan, sementara gelombang terakhir masyarakat Kolut. Proses vaksinasi tahap pertama ditargetkan berlangsung mulai Januari sampai Maret 2021,” kata Kadis Kesehatan Kolut beberapa waktu lalu.

Saat ini lanjutnya, vaksin tersebut sudah berada di Dinas Kesehatan Provinsi sementara pihak Dinkes Kolut masih menunggu proses pendistribusian untuk Kolut.

“Jadi kita hanya menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, salah satunya pembuatan Surat Keputusan (SK) untuk dua sampai tiga orang tenaga medis terlatih yang akan bertugas di semua puskesmas,” terangnya.

Selama proses vaksinasi pelayanan di puskesmas akan berlangsung setiap hari dengan target vaksinasi 15 sampai 30 orang perhari disetiap puskesmas.

Mengapa Mesti Divaksinasi?

Dilansir dari Sehatq.com, berikut adalah alasan mengapa vaksin Covid-19 penting untuk dilakukan.

1.Mencegah tubuh terinfeksi Covid-19
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), salah satu alasan utama mengapa vaksin Covid-19 penting adalah mencegah tubuh terinfeksi virus corona.
Saat ini, berbagai macam vaksin Covid-19 sedang menjalani proses uji klinis. Jika sudah disetujui dan diedarkan ke masyarakat, pemberian vaksin dapat membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap virus corona.

2.Mencegah komplikasi Covid-19.
Saat Covid-19 masuk ke dalam tubuh, virus ini bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi yang mengancam nyawa, seperti:
Pneumonia, Sindrom gangguan pernapasan akut, Gagal hati akut, Gagal jantung akut, Gagal ginjal akut, Syok septik, dan Penggumpalan darah
Rhabdomyolysis (rusaknya otot dan matinya jaringan tubuh).
Meskipun Anda telah terinfeksi Covid-19, berbagai komplikasi di atas dapat dicegah jika Anda sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

3.Melindungi orang di sekitar dari Covid-19.
Vaksin Covid-19 tidak hanya melindungi Anda dari penyebaran virus corona, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum atau tidak bisa mendapatkan vaksin.
Menurut situs Satgas Penanganan Covid-19, terdapat beberapa orang yang tidak dapat diimunisasi akibat faktor usia dan penyakit tertentu.
Saat tubuh Anda sudah mendapatkan vaksin Covid-19, orang-orang di sekitar Anda yang berisiko mengidap komplikasi Covid-19 juga akan terhindar dari virus corona.

4.Mencegah penularan Covid-19 dari pasien virus corona
Vaksin Covid-19 sangatlah dibutuhkan untuk menghentikan pandemi virus corona.

5.Membantu ciptakan antibodi untuk melawan Covid-19.
Saat tubuh sudah tervaksinasi, vaksin Covid-19 akan membantu tubuh menciptakan respons antibodi yang bisa mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh kita.

6.Menghentikan pandemi.

7.Keamanan vaksin sudah terbukti
Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar bahwa ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi Covid-19. Daripada mengambil risiko dengan obat alami yang belum terbukti, lebih baik memvaksinasi diri dengan vaksin Covid-19.
Semua vaksin yang nantinya diedarkan ke masyarakat sudah melalui uji keamanan dan efektivitas yang ketat. Berbagai uji klinis pun sudah dilakukan untuk mengukur tingkat keamanannya. (Astar)