by

Bandara Kolaka Utara Masuk Rencana Strategis Pembangunan Nasional

TRIBUNKOLUT.COM, LASUSUA  – Pembangunan Bandar Udara (Bandara) Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terletak di Desa Kalu-kaluku dan Lametu, Kecamatan Kodeoha, masuk dalam rencana strategis pembangunan nasional.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Ir. Junus, M.Si, dari 21 Bandara yang akan dibangun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada priode ke dua kepemimpinannya, Bandara Kolaka Utara termasuk di dalamnya.

“Bandara Kolaka Utara pasti terbangun. Karena pembangunannya masuk dalam rencana strategi pembangunan nasional dan dari 21 Bandara yang akan dibangun diperiode ke dua kepemimpinan bapak Presiden Jokowi, Bandara Kolaka Utara masuk bagian dari 21 itu,” kata Kadishub Kolut saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Untuk target penyeselesaian pembangunannya, lanjutnya, bergantung dari jumlah anggaran yang di porsir oleh pusat melalui Kementerian Perhubungan.

“Jika anggaran yang diberikan tahun depan jumlahnya banyak, mungkin paling lama 2 tahun pembangunannya sudah selesai,” terangnya.

Lebih lanjut, mantan Asisten II Sekda Kolut ini menegaskan dari tiga skala prioritas agenda kerja Dishub Kolut untuk tahun 2021. Pembangunan Bandara Kolaka Utara menjadi salah satu prioritas utama, khususnya pembiayaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Itu yang akan kami upanyakan agar pembangunan bandara 2021 dilanjutkan dengan anggaran APBN,” pungkasnya. (Astar)