by

Dikbud Kolaka Utara Sulap Kawasan Kumuh Jadi Taman Literasi Adipura

TRIBUN KOLUT.COM, LASUSUA – Pemerintah Daerah Kolaka Utara (Kolut) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka Utara menyulap kawasan kumuh yang terletak di Pasar lama Lasusua, Kecamatan Lasusua, menjadi Taman Literasi Adipura.

Selain menyajikan tempat bermain, gazebo, dan panggung pagelaran yang bersifat edukasi. Di kawasan taman literasi adipura juga dibangung ruang baca dengan konsep minimalis nan elegan yang  terbuat dari boks kontainer berukuran antara 30-40 kaki per unitnya.

Ruang Pojok Baca Digital

Pembangunan taman literasi adipura tersebut, merupakan salah satu upaya Dikbud Kolut untuk mempermudah masyarakat mengakses penegtahuan sekaligus meningkatkan minat para remaja, pelajar, dan masyarakat umum agar gemar membaca walaupun di Kolut khususnya Kota Lasusua telah hadir perpustakaan bergaya moderen.

“Taman tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat membaca, namun secara umum bisa juga menjadi tempat-tempat pertunjukan, lomba, dan acara-acara lain yang bersifat edukasi. Sehingga dapat mendekatkan dan mempermudah akses pengetahuan di tengah-tengah lingkungan masyarakat dalam mendorong gerakan literasi demi masa depan pendidikan,” Kata Kadis Dikbud Kolut, H. Muh. Idrus, S.Sos.,M.Si saat ditemui beberapa waktu lalu.

Pelataran Taman Literasi Adipura

Kata Kadis Dikbud, taman literasi adipura kedepannya akan menjadi icon Kolaka Utara sekaligus menjadi titik 0 Lasusua. Semua kegiatan kebudayaan akan dilaksanakan di lokasi tersebut.

“Tempat ini selain pengembangan budaya dan Literasi juga bisa menjadi multiplayer efect dari semua proyek-proyek pembangunan yang berdampak ekonomi secara langsung untuk masyarakat Kolaka Utara,” ungkapnya.

Panggung (pelataran) untuk kegiatan lomba atau kegiatan-kegiatan yang bersifat edukasi.

Untuk menarik minat baca masyarakat berkunjung ke taman literasi adipura. Dikbud Kolut bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Kolut menempatkan Pojok Baca Digital (Pocadi) di salah satu ruangan yang terletak di area taman tersebut.

Melalui Pocadi tersebut, masyarakat bisa membaca tidak hanya melalui buku tapi juga melaui medai digital.

Menurut Asisten II Sekda Kolut, Drs. Ashar, Pojok baca digital yang saat ini dimiliki Perpusda Kolut, merupakan bantuan Perpustakaan Nasional Tahun 2020 sebagai reward atas keberhasilan Perpusda meraih predikat perpustakaan terbaik tahun 2020.

“Selain buku. Pocadi juga dilengkapi dengan TV, 3 unit lektop, dan 3 unit tablet yang dapat digunakan pengunjung dengan santai,” Kata Asisten II saat meresmikan penggunaan taman Literasi Adipura, Senin (22/2/2021) lalu.

Selain itu, Ashar juga mengapresiasi ide cemerlang dan kerjasama antara Dikbud dan Perpusda Kolut yang telah merubah lokasi kumuh menjadi taman budaya yang di dalamnya terdapat pojok baca digital.

“Sebelumnya lokasi ini tidak terawat namun ide cemerlang dan kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sehingga taman budaya hadir dan ditempatkan pojok baca digital, sehingga membaca bisa dilakukan tidak hanya melalui buku, namun bisa dilakukan melalui dunia digital,” jelasnya.

Untuk diketahu, Pocadi di taman literasi adipura dijaga oleh dua hingga tiga staf dari Dikbud dan Perpusda Kolut. Mereka bekerja secara bergiliran sesuai jadwal yang ditetapkan. Pocadi buka setia hari dari pukul 08.00 sampai 21.00 wita.

(Rus)