by

Disbunak Segera Launching Produk Olahan Kakao Khas Kolaka Utara

Kolaka Utara, Tribun Kolut – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) segera melaunching produk olahan kakao khas Kolut yang diberi nama Cikola.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa, ST mengungkapkan, saat ini instansinya tengah fokus mengolah biji kakao menjadi produk siap saji dan siap dipasarkan.

“Cikola adalah olahan buah kakao khas Kolaka Utara. Kata Cikola sendiri disadur dari bahasa daerah yang sering digunakan masyarakat lokal Kolut untuk menyebut buah kakao. Rencananya Pemerintah Daerah melaunching produk tersebut pada Januari 2022 mendatang,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, selain uji coba. Untuk menghasilkan produk olahan kakao dengan cita rasa pas dan khas, Disbunak akan mengutus tenaga pengolah magang di Universitas Haluoleo (Unhalu) Kendari.

“September kami mengirim tenaga pengolahan magang di Fakultas Pertanian, Unhalu. Disana merekam belajar memproses kakao menjadi cokelat yang memiliki cita rasa yang khas,” tukasnya.

Sebagai tahap awal, lanjutnya, produksi biji kakao menjadi Cikola di pabrik olahan cacao center hanya berkisar 20 kilo gram per hari dengan jenis olahan berupa bubuk coklat, bar, dan chip. Produk ini pasih tahap uji coba, kalau rasa sudah pas kita urus izinnya dan siap dipasarkan. Pemasarannya pun masih dalam wilayah Kolaka Utara.

“Tahun depan pada momen HUT Kolaka Utara, kami akan ekspos besar-besaran sekaligus mengajak masyarakat membuat untuk membudayakan konsumsi produk lokal seperti cokelat khas Kolaka Utara,” bebernya.

(Astar)