by

Disdag Kolut Salurkan Ribuan Paket Sembako untuk Pedagang Kecil dan UMKM

TRIBUNKOLUT.COM, Lasusua – Pemerintah Daerah Kolaka Utara (Kolut) melalui Dinas Perdagangan kembali menyalurkan bantuan kebutuhan pokok untuk 1.750 pedagang kecil dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Kadis Perdagangan, Risal Natsir, S.Ag., M.Si secara simbolik bantuan tersebut mulai didistribusikan pada hari, Jumat (3/6/2022) di pelataran kantor Dinas Perdagangan.

“Selanjutnya akan disalurkan ke pedagang kecil dan UMKM yang tersebar di 23 pasar yang aktif di Kolaka Utara,” terangnya, Selasa (7/6/2022).

Kata dia, bantuan tersebut bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) yang melekat di Disdag Kolaka Utara dengan total kurang lebih Rp 350 juta.

“Bantuan kebutuhan pokok tersebut terdiri dari beras, susu kaleng, mie instan, gula pasir, dan terigu. Jika dirupiahkan per paketnya itu sekitar Rp 200.000,” jelasnya.

Penyaluran paket bantuan kebutuhan poko itu sebagai upaya pemulihan ekonomi pedagang pasar kecil dan UMKM yang terdampak pandemi COVID-19.

“Tahun lalu juga ada bantuan tapi dalam bentuk uang tunai,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Informasi Komunikasi dan Persandian (Infokom), Rahman, S. Pd atas nama Pemda Kolaka Utara, berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi penerima meski nilainya tidak seberapa.

“Semoga bantuan tersebut dapat meringankan beban pedagang kecil pasar, begitu juga dengan UMKM yang selama ini terdampak pandemi COVID-19,” ucapnya.

Laporan: Astar Bijak