by

Dishub Kolut Target Rp 2,5 Miliar Untuk PAD dari Gerbang Wisata By Pass

TRIBUNKOLUT.COM, LASUSUA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) memberi tanggung jawab kepada Dinas Perhubungan Kolaka Utara untuk mengambil pungutan di Gerban Wisata By Pass Lasusua-Tobaku yang selama ini dikelolah oleh Perusahan Daerah (Perusda) PT Suawindu.

Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Ir. Junus, M.Si mengatakan, pemberian tanggung jawab pengelolan pungutan di gerbang wisata By Pass kepada instansinya tidak terlepas dari keberhasilan mereka mengelolah gerban tersebut pada priode kepemimpinan yang lalu.

“Sehingga tahun 2021, Pemda Kolut kembali diberi tanggung jawab pengelolan gerban wisata by pass dengan catatan dapat mencapai target pemasukan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 2,5 miliar pertahun,” kata Kadishub Kolut.

Sebelumnya banyak perusahaan yang menawar terang Junus, hanya saja penawaran mereka hanya diangka Rp 1 sampai 1,5 miliar.

“Tawaran tersebut terbilang rendah. Oleh karena itu, setelah melakukan kajian dan rapat internal bersama anggota Dishub Kolut, maka kami berani memasang target pemasuka untuk PAD Rp 2,5 miliar. Dan kami optimis target tersebut bisa tercapai,” ungkapnya.

Awalnya Dishub Kolut berencana memfungsikan kembali gerban wisata by pass pada tanggal 1 Januari 2021, namun tren peningkatan kasus COVID-19 di Kolut yang cukup tinggi membuat pihak Dishub menunda sementara waktu sampai ada keputusan dari pimpinan daerah.

“Sampai saat ini kami masih menunggu perintah langsung dari pimpinan terkait agenda pengoprasian kembali gerban wista by pass Lasusua-Tobaku. Meski kemarin Wakil Bupati, DPRD, dan Bappeda telah bersepakat, namun Bapak Bupati belum memberikan arahan,” jelasnya. (Astar)