by

DMI Kolaka Utara Segera Bantu Pengurus Cabang di Tingkat Kecamatan

KOLAKA UTARA, TRIBUNKOLUT.COM – Usai dilantik, Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) segera membentuk pengurus cabang DMI di tingkat kecamatan.

Ketua PD DMI Kolaka Utara, Dr. Taufiq Sonda, SP.,M.M mengungkapkan, setelah kepengurusan PD DMI Kolut resmi di kukuhkan oleh PW DMI Sultra. Dirinya bersama pengurus lainnya  dalam waktu dekat akan membentuk pengurus cabang DMI di 15 kecamatan sebagai upaya pengembangan struktur kepengurusan DMI Kolaka Utara.

“Setelah terbentuk, pengurus cabang inilah yang kemudian akan memantau kondisi teman-teman pengurus masjid di setiap desa dan kelurahan,” kata Ketua PD DMI Kolut, Minggu (25/4/2021).

Selain itu, lanjutnya, langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengidentifikasi dan ipentarisasi untuk mendapatkan data valid jumlah  masjid di Kolaka Utara.

“Paling tidak inilah agenda pertama kami sebelum melakukan rapat kerja untuk menyusun rencana kerja pasca pengukuhan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Taufiq mengatakan, masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah dan membina religiusitas semata. Paling tidak, ada lima pondasi dasar yang dapat dijadikan sebagai fungsi masjid.

“Pertama, fungsi ibadah, fungsi sosial, fungsi dakwah, tempat pembinaan akhlak, dan masjid sebagai pusat pengembangan ekonomi masyarakat. Di zaman Rasulullah seperti itulah sebenarnya peran dan fungsi masjid dalam membina ummat,” pungkasnya.

Laporan: RH