by

Gelar Khitanan Massal Gratis, DPP LA Center Libatkan 25 Tenaga Medis

TRIBUNKOLUT, LASUSUA – Ratusan anak di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengikuti khitanan massal gratis yang digelar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lukman Abunawas (LA) Center.

Bakti sosial tersebut digelar tersebut berlangsung di Aula Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua, Sabtu (25/6/2022) dengan melibatkan 25 tenaga medis gabungan 119 Sultra Emas dan AMCF 05 Sultra.

Kegiatan sunat massal ini dijadwalkan berlangsung selama satu hari dengan target 200 anak, namun jika masih ada anak yang belum terlayani. Tim medis 119 Sultra Emas dan AMCF akan melanjutkan besok, Minggu (26/6/2022).

Aksi Khitanan ini dihadiri langsung pengurus DPP LA Center, DPD LA Center Kabupaten Kolaka Utara, Ketua DPC PDI-P Kolaka Utara, Agusdin, S.Kom dan Nasir Banna, camat Lasusua, Pemdes Ponggiha, dan tamu undangan lainnya.

Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Dr. Lukman Abunawas bersama Ketua Umum DPP LA Center, Harmin Ramba, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP, La Ode Barhim serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP, Abd. Rakil Naba dijadwalkan tiba di Kolaka Utara sore.

Selain memantau sunat massal, Lukman Abunawas juga diagendakan akan mengukuhkan pengurus DPD LA Center Kabupaten Kolaka Utara, pengurus Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kolaka Utara, Himpunan Pengusaha Tolaki (HIPTI) Kolaka Utara dan Tamalaki Patowonua yang akan dilaksanakan Minggu (26/6/2022).

Ketua Dewan Penngurus Daerah Kabupaten Kolaka Utara (DPD) LA Center, Drs. H. Andi Rahman, M.M mengatakan, fokus kegiatan hari ini adalah sunnat massal dan pesertanya mencapai 200 anak-anak.

“Itu berdasarkan data yang masuk sampai tadi malam. Namun, hingga saat ini peserta masih terus berdatangan dan prediksi kami bisa mencapai lebih dari 300 orang,” terangnya.

Sebelum kegiatan, lanjutnya, pengurus DPD Kabupaten Kolaka Utara LA Center telah bersurat ke 15 kecamatan agar memobilisasi warganya yang ingin anaknya di khitan. Menyebar pengumuman atau penyampaian baik melalui baliho maupun pesan Whatsapp.

“Sampai hari ini, di meja pendaftaran masih bermunculan peserta dari berbagai pihak untuk mendaftarkan anaknya bahkan ada yang dari Kecamatan Wawo dan Tolala,” ucapnya.

Untuk tindak lanjut pasca sunatan, Ia bersama pihaknya telah melayangkan surat ke Puskesma di 15 kecamatan agar memberikan layanan medis kepada anak-anak jika hal tersebut diperlukan.

“Jadi tetap ada follow up dari kami kepada anak-anak yang telah disunat, mereka dapat melakukan kontrol atau tindak lanjut di Puskesmas terdekat,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, antisipasi lonjakan peserta pihak AMCF telah menyiapkan obat di atas 50 persen.

“Itu beradasarkan pengalaman DPP LA Center disetiap kabupaten tempat diadakannya bakti sosial atau sunat massal,” tukasnya.

Menurut Kepala Desa Ponggiha, Rahmat, SE program yang dilakukan LA Center hari ini sangat membantu masyarakat dan terbukti masyarakat sangat antusias mengikuti.

“Sunat pake laser seperti ini baru dilakukan di Kolaka Utara. Dan wajar jika masyarakat antusias karena gratis, kalau dibayar ini bisa mencapai Rp 500.000 per anak,” bebernya.

Salah satu orang tua peserta sunat massal, Pangeran Haeruddin bersyukur dengan adanya sunat massal yang digelar DPP LA Center.

“Alhamdulillah kami sangat berterimakasih kepada bapak Lukman Abunawas dengan adanya kegiatan seperti ini. Kegiatan ini sangat membantu mengurangi biaya sunat anak kami dan kami berharap semoga tahun berikutnya ada lagi kegiatan serupa,” pungkasnya.

 

Laporan: Astar Bijak