by

Gubernur Sultra Dukung Penuh Kebijakan Pembangunan Pemkab Kolut

KOLAKA UTARA, TRIBUNKOLUT.COM – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, SH mendukung sepenuhnya berbagai kebijakan pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) di bawa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kolut Drs. H. Nur Rahaman Umar, MH dan H. Abbas, SE.

Pernyataan tersebut, disampaikan langsung Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr. Hj. Nur Endang Abbas, SE., M.Si saat membacakan sambutan Gubernur Sultra di momen upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kolut ke-18 yang digelar di Lapangan Aspirasi kota Lasusua, Jumat (7/1/2022).

“Selaku pimpinan Daerah Provinsi Sultra kami mendukung penuh berbagai kebijakan pembangunan yang dijalankan Pemerintah Daerah Kolut dalam rangka mewujudkan kemajuan pembangunan daerah,” kata Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Prov Sultra.

Selain itu, lanjutnya, Pemprov Sultra akan berusaha memastikan program pembangunan antar wilayah di Prov Sultra senang tiasa saling bersinergi, baik sinergitas antar Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota maupun sinergi antara Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

“Salah satu wujud dukungan itu, baru-baru ini Pemprov Sultra mengusulkan dan telah disetujui pembangunan bandara Kolaka Utara. Semoga dengan adanya bandara di Kolaka Utara dapat membuka aksesibilitas dan kegiatan pembangunan ekonomi yang lebih maju,” jelasnya.

Menurut Gubernur, perayaan HUT Kolut kali ini tidak hanya dimaknai sebagai agenda tahunan semata. Namun, harus kita maknai sebagai sebuah momentum bagi seluruh jajaran Pemerintahan Legislatif, Yudikatif dan segenap komponen masyarakat di Daerah Kolut untuk merefleksikan dan mengevaluasi kembali catatan-catatan perjalanan daerah Kolut yang telah dilalui hingga saat ini.

Baik penyelenggaraan roda pemerintahan, kebijakan pembangunan daerah, maupun pembinaan kemasyarakatan dalam hidup berbangsa dan bernegara sebagai dasar untuk penataan dan pengelolaan yang lebih kedepan.

“Tentunya kita sadari bahwa capaian hasil pembangunan di Kolut hingga hari ini telah menunjukkan berbagai kemajuan diberbagai bidang, mulai bidang ekonomi, sosial, hingga politik yang patut di apresiasi atas kemajuan tersebut adalah sebuah kerja keras dan kolaborasi semua pihak semua komponen dan seluruh lapisan masyarakat,” urainya.

Selain apresiasi kami atas capaian kemajuan Kolut, kata Gubernur, saya juga berharap kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati Kolut beserta jajarannya agar mencermati secara objektif berbagi kekurangan dan kelemahan serta kebutuhan masyarakat untuk perbaikan secara komprehensif kedepan.

“Patut kami syukuri bahwa Kolaka Utara sangat berkontribusi secara positif terhadap percepatan pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara secara umum,” ucapnya.

Kata dia, Kolut merupakan salah satu bagian kabupaten di Sultra yang dikarunia berbagai kekayaan alam yang melimpah disektor pertanian utamanya sub sektor perkebunan, sektor pertambangan, pariwisata, dan kelautan dan perikanan.

“Atas potensi tersebut saya titipkan kepada seluruh penyelenggara pemerintahan untuk mengelola dengan memanfaatkan secara bijak, cerdas, dan bertanggung jawab untuk keberlanjutan pembangunan masyarakat dan Daerah Kolut, karena potensi sumber daya tersebut telah menjadi urat nadi yang diyakini dapat berkontribusi besar bagi peningkatan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Hj. Nur Endang Abbas, SE., M.Si saat memimpin upacara HUT Kolut ke-18 tahun. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

Untuk itu, lanjutnya, melalui momentum HUT Kabupaten Kolaka Utara ke-18 tahun saya mengajak semua komponen untuk senantiasa menciptakan kondisi harmonis serta kerjasama yang energik dan kolaborasi yang berlandaskan asas kebersamaan, kegotongroyongan, dan kekeluargaan dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan menuju Kolut yang lebih baik.

Kepada Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara serta semua elemen agar terus saling bahu-membahu dan saling support agar pembangunan yang telah dilaksanakan mampu menghadirkan nilai tambah dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat Kolut sekaligus Pemprov serta bangsa yang kita cintai.

“Saya selalu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengucapkan, dirgahayu Kolaka Utara ke-18 semoga dalam usianya yang ke-18 tahun Kolaka Utara terus berkembang menjadi daerah yang maju dan berdaya saing, seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kolaka Utara,” pungkasnya.

Tidak hanya itu, Gubernur Sultra juga mengapresiasi Pemkab Kolut beserta jajarannya dan pihak-pihak yang terlibat dalam vaksinasi COVID-19 sehingga Kolaka Utara mampu memenuhi cangkupan vaksinasi yang diinstruksikan oleh Presiden RI.

“Dan Kolaka Utara merupakan rengking 7 dari 17 kabupaten/kota se Provinsi Sultra yang berada di atas 70 persen pencapaian dosis satu,” imbuhnya.

Untuk informasi, dalam momen HUT Kolut ke-18 tahun ini Sekda Provinsi Sultra didaulat menjadi Inspektur upacara.

Laporan: Astar