by

Habiskan Anggaran Rp 421 Juta, Kantor Desa Mirip Istana Presiden di Resmikan Bupati Kolut

KOLAKA UTARA, TRIBUNKOLUT.COM- Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, MH meresmikan kantor Desa Alipato, Kecamatan Pakue, Kabupaten Kolaka Utaratara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (30 /01/2021).

Pembangunan kantor desa yang Menyerupai istana presiden ini, menghabiskan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020 sebesar Rp.421 juta.

Menyaksikan kemegahan dan keunikan arsitektur kantor desa yang mirip istana presiden tersebut, Bupati Kolut mengapresiasi usaha Kepala Desa Alipato Ibu Andrita Hasyim dalam meyiapkan fasilitas untuk kepentingan pelayanan publik.

“Kantor desa merupakan simbol sekaligus tempat pengabdian aparat desa untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Jika kantor sudah tidak layak huni, tentu aparat tidak nyaman lagi dalam melayani masyarakat. Olehnya itu, saya berharap dengan kehadiran kantor baru ini, jajaran Pemerintah Desa Alipato dapat melayani masyarakatnya dengan baik dan merawat fasilitas negara,” kata Bupati Kolut.

Lebih lanjut, politisi Partai Demokrat ini menjelaskan jika Pemerintah Daerah (Pemda) Kolut memiliki peran besar dalam proses perencanaan pembangunan kantor Desa Alipato. Hal ini disebabkan Peraturan Menteri Desa (Permendes) yang tidak lagi memberikan ruang penggunaan Dana Desa untuk pembangunan kantor desa.

“Dalam Permendes tersebut Dana Desa tidak bisa lagi di gunakan untuk pembangunan kantor desa. Sehingga saat itu kami merekomendasikan kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kolut untuk merealisasikan permohonan Kepala Desa Alipato demi wujud serta pengabdian aparat untuk pelayanan masyarakatnya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Alipato, Andrita Hasyim dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan juga terimakasih kepada Pemda Kolut atas bantuan serta rekomedasi yang telah di berikan sehingga Kantor Desa Alipato bisa terbangun.

“Alhamdulillah pembangunan telah selesai dan hari ini diresmikan oleh bapak Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, MH yang disaksikan Kadis PMD Patehuddin, SH, Kapolsek Pakue, Perwakilan Koramil Pakue, serta jajaran Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda,” pungkasnya.

Laporan : Rusman