by

Imigrasi Kelas I Kendari Buka Pelayanan di Kolut

KOLAKA UTARA, TRIBUNKOLUT.COM
Kantor Imigrasi Kelas I TPIĀ  Kendari membuka pelayanan pembuatan paspor baru dan penggantian paspor di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) selama empat hari kedepan.

Kegiatan Imigrasi Kendari Layanan Paspor Antar Kabupaten/Kota (Ikenilapak) ini diagendakan berlangsung mulai sejak hari Selasa, 6 April sampai dengan Jumat, 8 April 2021 di Kompleks Perkantoran, Lantai dua, Kantor Bupati Kolaka Utara.

Kepala Sub Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan, Imigrasi Kelas I TPI Kendari, Endi Prakoso Aji, mengatakan, kegiatan Ikenilapak merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan Imigrasi Kelas I TPI Kendari untuk memudahkan masyarakat mengurus paspor.

“Jadi kita jemput bola di Kolaka Utara, untuk memudahkan masyarakat Kolaka Utara membuat dan mengganti paspor, daripada mereka datang ke Kendari yang jaraknya cukup jauh,” kata Endi, Rabu (7/4/2021).

Lebih lanjut, Endi mengungkapkan, jika sebenarnya banyak masyarakat Kolaka Utara yang ingin mengurus paspor, hanya karna jarak tempuh yang cukup jauh menjadi salah satu kendala.

“Perjalanan antara Kendari dan Kolaka Utara memakan waktu kurang lebih 8 jam sehingga ini juga yang menjadi salah satu kendala bagi masyarakat yang hendak mengurus paspor,” terangnya.

Bagi masyarakat Kolaka Utara yang ingin mengurus paspor, lanjutnya, dapat berkunjung ke Kantor Bupati Kolaka Utara, Lantai 2, dengan membawa e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran/Ijazah/Buku Nikah untuk pembuatan paspor baru.

“Sementara untuk penggantian paspor syaratnya cukup membawa e-KTP dan paspor lama saja,” pungkasnya.

Laporan: RH