by

Jelang Idul Fitri, Pemkab Kolut Siapkan 2.660 Paket Kebutuhan Pokok untuk Warga

KOLAKA UTARA, TRIBUNKOLUT.COM –  Menjelang hari raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) menyiapkan 2.660 paket kebutuhan pokok untuk disalurkan ke 2.660 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 133 desa dan kelurahan di 15 kecamatan.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kolaka Utara, Munawar Halil, S.Pd. Foto: RH

Menurut Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kolut, Munawar Halil, S.Pd paket bantuan tersebut akan di salurka ke-133 desa/kelurahan. Porsi bantuan untuk setiap desa/kelurahan sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK).

“Paket bantuan tersebut berupa beras 20 kilo gram, gula pasir 3 kilo gram, terigu 2 kilo gram, dan susu 2 kaleng. Dengan total keseluruhan, 53.200 ton beras, 7.980 ton gula pasir, 5.320 ton terigu, dan 5.320 susu kaleng,” kata Munawar Halil, Senin (26/4/2021).

Sampai saat ini lanjutnya, bantuan tersebut belum disalurkan ke masyarakat karena paketnya belum komplit, masih kekurangan terigu.

“Truk yang memuat bantuan terigu masih tertahan di pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulsel, akibat pelayanan kapal very rute Siwa-Tobaku yang tinggal satu kapal. Kalau paketnya sudah komplit, data penerima manfaat akan kami melaporkan ke Bupati untuk dieskahkan. Setelah itu baru bisa  disalurkan secara serentak dengan melibatkan semua OPD lingkup Kabupaten Kolaka Utara,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kolut, H. Saenal Ahmad, mengungkapkan, bantuan kebutuhan pokok tersebut diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu yang terdampak COVID-19 dan tidak pernah mendapat jenis bantuan sosial lainnya.

“Untuk sasaran penerima bantuan dipastikan adalah masyarakat yang bukan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD)  dan jenis bantuan lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan, puluhan ton bantuan tersebut akan disalurkan sebelum hari raya idul fitri.

“Insyaallah kami usahakan penyalurannya sebelum hari raya idul fitri,” pungkasnya.

Laporan : RH