by

Jika Terlibat, ForSda akan “Serang” Bupati

TRIBUNKOLUT.COM-KOLAKA – Sengkarut pengelolaan dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Vale di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara semakin memanas. Bak bola api yang menggelinding kemana mana membakar setiap pihak yang merasa berhak atas dana tanggung jawab sosial perusahaan itu.

Hari ini, Rabu (9/6/21) bola panas itu rencananya bakal bergulir ke Bupati Kolaka, Ahmad Safei, oleh sekelompok masyarakat Kolaka, jika Bupati Kolaka terlibat secara langsung pengelolaan dana yang dianggap penuh pelanggaran itu.

Adalah Djabir Teto Lahukuwi, Koordinator Forum Swadaya Masyarakat Daerah (ForSDa) dengan tegas menyatakan jika terlibat maka pihaknya akan “menyerang” Bupati Kolaka.

“Jika bupati terlibat maka kita akan serang, kawan kawan,” teriak Djabir di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kolaka.

Selain rencana itu, Jabir yang turun bersama Himpunan Pengusaha dan Pekerja Pribumi Mekongga mendesak DPRD Kolaka untuk menggunakan hak angketnya untuk memanggil dan membubarkan Komite yang dibentuk oleh Pemda Kolaka yang mengelola dana CSR PT Vale yang dinilai sarat dengan pelanggaran hukum.

Mendapat tantangan, DPRD Kolaka yang diketuai Syaifullah Halik pun ‘terpacing’. Dirinya berjanji akan selalu bersama rakyat dalam mengawal setiap aspirasi yang ditujukan kepadanya.

“Saya tegaskan akan selalu bersama anda semua dalam mengawal masalah ini,” terang politisi Partai Geridra ini. (As)