by

Konparasi Tugas dan Funsi Komisi I, Legislatif Wajo Kungker DPRD Kolaka Utara

TRIBUNKOLUT.COM, LASUSUA – Jalin koordinasi dan komparasi tugas serta fungsi Komisi I, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), melakukan kunjungan kerja di DPRD Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Rombongan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Wajo tersebut disambut oleh Wakil Ketua II, Agusdin, S.Kom bersama anggota DPRD Kolaka Utara lainnya.

Bertempat di ruang Aspirasi Gedung DPRD Kolaka Utara. Anggota Legislatif dari dua kabupaten berbeda ini, membahas beberapa isu. Salah satunya, kordinasi dan konparasi seputar tugas dan fungsi DPRD di Komisi I Bidang Pemerintahan.

Menurut Agusdin, S.Kom, secara geografis, Kabupaten Wajo dan Kolaka Utara dekat. Jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam menggunakan kapal penumpang fiber dan 3,5 jam dengan kapal fery dari Pelabuhan penyeberangan penumpang Tobaku, Kecamatan Katoi menuju pelabuhan Bangsalae Siwa, Kabupaten Wajo.

“Kedekatan itulah yang membuat Kolaka Utara banyak didiami masyarakat dari Kabupeten Wajo. Begitupun sebaliknya, banyak masyarakat Kolaka Utara saat ini yang mengeyam pendidikan di Wajo,” jelasnya, Kamis (9/6/2022).

Olehnya itu, Politisi PDI-P Kolaka Utara ini menganggap Legislatif Wajo adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan DPRD Kolaka Utara.

“Dalam kunjungan tersebut, hampir semua kerjasama antar dua daerah ini didiskusikan mulai persoalan transportasi laut hingga peningkatan sumber daya manusia,” urainya.

Paling substansial dalam kunjungan kali ini, lanjut dia, kordinasi dan komparasi program kegiatan di DPRD Kolaka Utara dengan DPRD Kabupaten Wajo.

“Kita berharap dengan kunjungan tersebut hubungan kerjasama dua daerah ini kedepannya lebih baik lagi,” harapnya.

Laporan: Astar Bijak