by

Lantik DMI Kolaka Utara, Lukman Abunawas Janji Umrahkan Imam Masjid

KOLAKA UTARA, TRIBUNKOLUT.COM – Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. H. Lukman Abunawas, S.H.,M.Si.,M.H. telah mengukuhkan dan melantik Pengurus Daerah DMI Kabupaten Kolaka Utara masa bakti 2021-2026 yang di ketuai Dr. Taufiq Sonda, SP.,M.M.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Islamik Center Masjid Agung Bahrurrasyad wa Ittihad Kota Lasusua, Sabtu (24/4/2021).

Dalam sambutannya, Lukman Abunawas berjanji kepada DMI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut akan menyediakan ATM beras dan telur. ATM tersebut berfungsi memberikan layanan kepada masyarakat ekonomi lemah.

“Jadi mereka akan diberikan kartu ATM, yang dengan kartu ATM itu mereka dapat mengambil beras dan telur di masjid. Mereka cukup memasukan kartu kemudian menindis ATM setelah itu akan keluar 3 liter beras dan 10 butir telur,” terangnya.

ATM tersebut lanjutnya, mampu menyediakan manampung 100 kilo gram beras dan terbukan 1 x 24 jam.

“Mudah-mudahan dimasa-masa yang akan datang semua kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara dapat memiliki dua sampai tiga mesin-mesin ATM sesuai tingkat kebutuhan masyarakat setempat,” jelasnya.

Selain itu, ia juga memberikan ruang kepada ratusan masjid di Kolaka Utara yang membutuhkan bantuan dana renovasi masjid dan mushallah untuk membuat proposal kemudian mengajukan ke Biro Kesra Prov Sultra.

“Bagi masjid dan mushallah yang membutuhkan dana renovasi silahkan buat proposal kemudian diajukan ke birokesra. Insyaallah kami akan bantu,” bebernya.

Tidak hanya itu, Pasangan Ali Mazi ini juga berjanji akan mengumbrohkan tiga orang imam masjid, dua orang guru mengaji, dan satu orang majelis taklim.

“Dengan syarat mereka aktif menjalankan tugasnya masing-masing,” pungkasnya.

Politisi Partai Demokrasi Perjuangan (PDI-P) ini berharap, DMI Kolut dapat membangun dan menjaga persatuan dan kesatuan internal umat Islam.

“Semua ormas dan OKP Islam untuk kembali ke masjid, membina, dan melayani umat berbasis masjid, tinggalkan perdebatan -perdebatan yang sifatnya khilafiyah yang menguras energi umat. Temukan persamaan dan jangan perbesar perbedaan,” pintanya.

Ia juga meminta agar saling menghormati dan menjaga ukhuwah dan jati diri agama Islam, membantu program-program pemerintah berbasis masjid, memberdayakan, dan mencerahkan umat.

Sementara itu, Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, M.H berharap kehadiran DMI Kolaka Utara dapat memberi warna dan menambah semakin semaraknya pergerakan dakwah dan kegiatan kegamaan di Kolut.

“Hal ini dapat diyakini karena
menurut pemantauan kami sejumlah pengurus yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bapak Wakil Gubernur, Ketua PW DMI Sultra adalah sosok yang cakap dan teruji ketangguhannya dalam melakukan Syiar Agama,” tukasnya.

Bupati gembira karena kehadiran PD DMI Kolaka Utara dianggap dapat menjadi salah satu motor penggerak  dalam rangka pencapaian visi pembangunan daerah yakni mewujudkan Kolaka Utara
sebagai Kabupaten Madani di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Oleh karena ini, saya berharap agar setelah pelantikan ini, DMI Kolaka Utara segera melakukan rapat kerja untuk menyusun program kerja yang bersinergi dengan program kerja Pemerintah Daerah Kolaka Utara demi terwujudnya kehidupan dan pradaban madani di tengah-tengah masyarakat sebagai cita-cita kita bersama,” pungkasnya.

Laporan : RH