by

Melirik Fasilitas Perbengkelan di SMKN 1 Watunohu

LASUSUA, TRIBUN KOLUT – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Watunohu, terletak di Kecamatan Watunohu, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Sejak resmi beroperasi beberapa tahun yang lalu, sekolah ini terus melakukan inovasi dan pembenahan fasilitas perbengkelan untuk digunakan tenaga pendidik dan siswa sebagai media pembelajaran.

Tidak tanggung-tanggung, Kepala Sekolah SMKN 1 Watunohu mengajukan proposal ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk bantuan fasilitas perbengkelan kendaraan roda empat.

Hingga akhirnya bantuan yang diinginkan tersebut dapat terealisasi di tahun 2019 dan 2020.

Kini SMKN 1 Watunohu telah memiliki berbagai jenis peralatan perbengkelan untuk kendaraan roda empat moderen pertama di Kolaka Utara.

“Sebagian peralatan yang kami miliki, pertama di Kolaka Utara dan belum ada bengkel yang memiliki alat tersebut,” terang Kepala Sekolah SMKN 1 Watunohu, Muh. Yani saat ditemui di kediamannya beberapa waktu lalu.

Berikut Fasilitas perbengkelan yang dimiliki SMKN 1 Watunohu, Kolaka Utara.

Satu unit Spooring Wheel Aligment. Alat ini berfungsi untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil. Alat ini dilengkapi dengan print out.

Dua unit Two Post Lift. Alat ini berfungsi untuk mengangkat mobil sesuai ketinggian yang diinginkan. Alat ini berkekuatan 2 ton dengan daya listrik 2400 watt. 

Motorcicle Lift 1000 LBS. Alat ini berfungsi sebagai stand ketika proses pengerjaan sebuah motor dengan alat ini ketinggian dan posisi kendaraan dapat diatur.

 

Tiga unit Engine Crane. Berfungsi mengangkat, menahan, dan memindahkan mesin atau alat ketika proses pengerjaan mesin, alat ini berkekuatan maksimal 2,5 ton.

 

Peralatan balance ban.

 

Charge aki, berfungsi mengecas aki mobil yang shok.

 

Vacum dilengkapi dengan monitor, alat yang memiliki fungsi untuk mengisi dan mengetes AC mobil.

 

Valve

 

Laporan: Astar