by

Pandemi COVID-19, MTQ XV Kolaka Utara Digelar Sederhana

KOLAKA UTARA, TRIBUNKOLUT.COM – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-15 tingkat Kabupaten Kolaka Utara digelar dengan sangat sederhana, mengingat masih pandemi COVID-19.

Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH saat membuka kegiatan ini di Masjid Bahrurrasyad Wal Ittihad Lasusua mengatakan, kegiatan ini jangan hanya sekedar seremonial belaka. Kualitasnya harus terus ditingkatkan, baik dari sisi pelaksanaan maupun prestasi.

“Pelaksanaan MTQ bukan hal yang baru karena setiap tahun diselenggarakan. Oleh karena itu, sudah selayaknya kegiatan MTQ kali ini menunjukkan peningkatan, baik dari sisi kualitas pelaksanaan maupun dari sisi kualitas pesertanya,” terang Nur Rahman, Senin malam (15/2/2021).

Lebih lanjut, Ia menyampaikan agar kegiatan ini tidak dijadikan sebagai rutinitas belaka karena pasca kegiatan MTQ tingkat kabupaten akan dilanjutkan MTQ tingkat provinsi dan nasional.

“Dan tentu saja kita berharap anak-anak kita dapat meraih prestasi menuju MTQ tingkat nasional. Untuk sampai ke level itu semua elemen masyarakat harus bekerjasama dan saling mendukung. Dan tidak kalah pentingnya dukungan orang tua untuk melibatkan putra putri mereka dalam kegiatan-kegiatan semacam ini,” jelasnya.

MTQ kali ini diikuti 208 peserta, digelar selama empat hari, 15 sampai 18 Februari dengan lima cabang lomba antara lain tilawah tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa sebayak 55 peserta.

Hafalan 1 juz, 5, 10, 20, dan 30 juz, sebanyak 91 peserta. Tafsir Qur’an golongan bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris dengan jumlah peserta 16 orang. Lomba Tartil 30 peserta, serta lomba hifsil hadis kategori 100 hadis berikut sanadnya, kategori 500 hadis tanpa sanad yang diikuti 16 peserta.

Kegiatan MTQ kali ini diselenggarakan secara sederhana dan dipusatkan di tiga titik, yakni Masjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad, Masjid Nurul Hilal Pasar Lama dan Masjid Al-Ihlas Kemenag.

Laporan: RH