by

Pembangunan Dua Kantor Pengadilan di Lasusua Dimulai

Bupati Kolaka Utara Hadiri Peletakan Batu Pertama

TRIBUNKOLUT.COM, LASUSUA – Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, MH menghadiri peletakan batu pertama pembangunan kantor Pengadilan Negeri Lasusua dan Pengadilan Agama Lasusua yang terletak di Jalan Adiaksa, Kota Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Senin 23/11/2020 lalu.

Peletakan tersebut dihadiri langsung Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr.H.A.S. Pudjoharsoyo, SH.,M.Hum sekaligus meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan.

Dalam sambutannya, Dr.H.A.S. Pudjoharsoyo, SH.,M.Hum mengatakan, 20 persen pembangunan Pengadilan Negeri Lasusua ini dilakukan tahun ini sementara 2021 direncanakan pembangunannya telah selesai.

“Pembangunan Pengadilan Negeri Lasusua, menelan anggaran Rp. 22.234.000.000 yang bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2020-2021. 20 persen menggunakan anggaran tahun ini, sementara sisanya 80 persen tahun 2021,” Kata Ketua Pengadilan Tinggi Sultra.

Dengan begitu, pembangunan dua gedung pengadilan ini dilaksanakan dengan sistem multiyears atau bangunannya tidak bisa dirampungkan dalam setahun.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nur Rahman Umar, MH menjelaskan kehadiran Pengadilan Negeri Lasusua dan Pengadilan Agama sangat membantu masyarakat dan para penegak hukum di Kolaka Utara.

“Kurang lebih satu tahun kantor Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama berada di Kolaka Utara, meski menempati kantor sementara. Kehadiran kedua lembaga tersebut sangat membantu masyarakat dan penegak hukum karena untuk melakukan persidangan tidak mesti lagi berangkat ke Kolaka,” terang Bupati Kolut.

Menurutnya, Pemda Kolaka Utara jauh sebelum pembangunan dua kantor pengadilan tersebut, telah merancang letak pembangunan semua kantor yang sifatnya vertikal di jalur dua menuju gedung DPRD Kolaka Utara.

“Semua di satukan di jalur tersebut, namun karena lokasi yang tidak cukup sehingga kantor Lembaga Pemberdayaan Masyarakata (LPM) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dibangun di daerah Totallang, Kecamtan Lasusua, sementara Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) akan ditempatkan di Kecamatan Tolala,” pungkasnya. (Rusman/MR)