by

Pemkab Kolaka Utara Raih WTP Tujuh Kali Berturut-turut

KOLAKA UTARA, TRIBUNKOLUT.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut) kembali meraih penghargaan Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-7 kali secara berturut-turut sejak tahun 2014 sampai 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Opini ini diterima langsung oleh Wakil Kolaka Utara, H. Abbas, SE dari Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Tenggara, yang disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel.,M.Si serta Sekretaris Daerah, Dr. Taufiq Sonda, SP., MM di Kantor BPK Perwakilan Sulawesi Tenggara, Jumat (28/5/2021).

Wakil Bupati Kolaka Utara, H. Abbas, SE

Pencapaian ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHPBPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kolaka Utara, tahun 2020.

Atas capaian tersebut Wakil Bupati Kolaka Utara, H. Abbas, SE, menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara serta BPK Perwakilan Sultra yang selama ini memberikan saran, rekomendasi, pembinaan, dan asistensi. Baik dalam pembinaan SPI, pengelolaan keuangan dan aset daerah maupun kegiatan pelatihan.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur atas capain tersebut. Saya bersama bapak Bupati menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para kepala OPD bersama seluruh jajaranya serta semua ASN atas atensi dan kerja kerasnya dalam mempetahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih selama 7 tahun berturut-turut,” kata Wakil Bupati Kolaka Utara, Jumat (28/5/2021).

Lebih lanjut Wakil Bupati Kolut, menyampaikan agar Opini WTP yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara yang ke-7 kali secara berturut-turut tidak menjadikan jajaran Pemkab Kolut berpuas diri.

“Saya pikir prestasi yang kita capai saat ini tidak membuat kita berpuas diri tapi dengan capaian tersebut dapat menjadi spirit buat kita semua untuk bekerja dan terus berbuat demi negara dan masyarakat  Kolaka Utara yang sama-sama kita cintai,” terangnya.

Politisi PKB ini juga menyatakan jika penghargaan opini dari BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemeritah Daerah Kabupaten Kolaka Utara, tahun 2020 merupakan wujud dari tekad yang kuat selama ini dijalankan Pemda Kolaka Utara dalam membangun Sistem Tatakelola Pemeritahan yang baik (Good Governance) dan Tatakelola Pemerintahan yang bersih (Clean Governance).

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kolut, Dr. Taufiq Sonda, SP.,MM menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati atas petunjuk dan arahannya selama ini kepada segenap pimpinan dan staf OPD lingkup Pemkab Kolaka Utara sehingga Pemkab Kolut dapat kembali meraih Opini WTP yang Ke-7 kalinya secara berturut-turut.

“Terima kasih juga kepada seluruh pimpinan OPD bersama Staf yang telah bekerja dengan sebaik-baiknya dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. Tetaplah bekerja dan mengabdi dengan ikhlas untuk kepentingan negara dan daerah, menuju Kolaka Utara Madani,” ungkapnya.

Sebagai informasi, opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang berdasarkan pada kesesuaian dengan Standar Akuntasi Pemerintahan (SAP), Kecukupan Pengungkapan, Kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-undangan, dan efektifitas Sistem Pengendalian Intern.

Laporan: (RH)