by

Pemkab Kolut Bakal Bangun Museum Mini di Taman Budaya

LASUSUA, TRIBUNKOLUT.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolut berencana membangun museum mini di area taman budaya Kota Lasusua.

Kadis Dikbud Kolut, H. Muh. Idrus, S.Sos.,M.Si melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Sadaruddin, S.Pd.,M.Si mengungkapkan, pembangunan museum mini tersebut sifatnya sementara sambil menunggu bantuan  anggaran dari pemerintah pusat untuk pembangunan museum permanen di lokasi rumah adat Patowonua.

“Kami sudah sudah mengajukan proposal ke pemerintah pusat melalui kepala museum Provinsi Sulawesi Tenggara dan ia berjanji akan meneruskan permohonan tersebut pusat,” kata Kabid Kebudayaan Dikbud Kolut, Jumat (25/6/2021)

Sambil menunggu bantuan tersebut, terangnya, Pemerintah Kabupaten melalui Dikbud Kolut berencana mengalokasikan anggaran pembangunan museum mini di area taman budaya melalui perubahan anggaran tahun ini.

“Insyaallah Dikbud Kolut akan berusaha menganggarkan tahun ini melalui perubahan anggaran. Namun, jika hal tidak bisa terpenuhi tahun ini maka insyaallah tahun 2022 itu sudah terealisasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sadaruddin, menjelaskan pembangunan museum mini ini penting mengingat Dikbud Kolut saat ini telah memiliki Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan juga telah memiliki 17 benda Cagar Budaya (CB) yang diserahkan masyarakat secara sukarela ke Dikbud Kolut untuk disimpan.

“Saat ini benda-benda cagar budaya tersebut telah disimpan dalam brankas di salah satu ruangan kantor Dikbud Kolut. Jika museum mini telah selesai pembangunannya, semua benda-benda cagar budaya akan disimpan di museum tersebut sampai menunggu pembangunan museum di lokasi rumah adat Patowonua,” jelasnya.

Ia memastikan jika semua benda cagar budaya yang kini berada di kantor Dikbud Kolut aman dan menjadi tanggung jawab pihak Dikbud Kolut.

Laporan: RH