by

Sepekan Diguyur Hujan Akses Jalan Menuju Desa Bukit Baru Tertutup Material Longsor

KOLAKA UTARA, TRIBUNKOLUT.COM – Hampir sepekan wilayah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) di guyur hujan dengan intensitas sedang dan tinggi, akibatnya akses jalan di satu desa di Kolut yakni Desa Bukit Baru, Kecamatan Batu Putih, tertutup material longsor dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Kepala Desa Bukit Baru, Mustamin Rapi, mengungkapkan, hujan deras yang melanda desanya sepekan terakhir ini menyebabkan terjadinya banjir deras dan tanah longsor yang menutup akses jalan utama menuju ibu kota Kecamatan Batu Putih.

Pembenahan jalan. Foto: Astar

“Jalan yang tertutup saat ini adalah jalan utama yang menghubungkan Desa Bukit Tinggi dan sekitarnya, sehingga mobil tak bisa lagi melewati jalan utama kecuali sepeda motor,” terang Mustamin, Senin (2/8/2021).

Itupun, lanjutnya, pengendara harus melintas dengan hati-hati karena tidak menuntut kemungkinan terjadi longsor susulan saat melintas.

“Awalnya akses jalan sama sekali tidak bisa dilalui, tapi setelah dilakukan gotong royong bersama masyarakat dan Bhabinkamtibmas dengan peralatan seadanya akhirnya akses jalan saat ini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua,” jelasnya.

Menurutnya, longsor sudah sering terjadi di Desa Bukit Baru hanya baru kali ini kondisinya parah. Longsor terjadi di dua titik yakni satu titik Dusun II dan satunya lagi di Dusun I.

“Selain longsor, juga terdapat tiang listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang ikut miring ke badang jalan,” tukasnya.

Mustamin berharap, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kolut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) secepatnya membantu menurunkan alat berat untuk mengeruk longsoran material yang menutupi badan jalan.

“Kami khawatir akses jalan akan lebih parah jika dibiarkan terus menerus, terlebih lagi intensitas curah hujan bulan ini yang cukup tinggi,” bebernya.

Selain dua instansi tersebut, Pemdes Bukit Baru juga meminta pihak PLN turun ke lokasi melihat dan memperbaiki tiang listrik yang sudah miring dan hampir roboh.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kolut, Mukramin, SE berjanji akan menurunkan alat berat di lokasi bencana dalam waktu dekat ini.

“Insyaallah dalam waktu dekat, setelah alat berat yang digunakan untuk pembongkaran akar pohon kayu dalam rangka pembenahan trotoard selesai. Kami Langsung support,” pungkasnya.

Laporan: Astar/MRH