by

Tiga Bocah di Kolut Meninggal Terseret Arus Saat Berenang di Muara Sungai 

KOLAKA UTARA, TRIBUN KOLUT.COM – Tiga boca di Kolaka Utara (Kolut), meninggal terseret arus sungai saat bermai di muara sungai di Dusun III, Desa Kalau-kalau, Kecamatan Kodeoha. Selasa (1/6/2021) sekitar pukul 16.30 WITA.

Ketiga korban tersebut bernama Ayu (12), Radit (9) dan Ramsi (9). Kedua korban Ayu dan Radit ditemukan sekitar pukul 17.45 (jelang magrib). Namun nahas Ayu meninggal saat menjalani perawatan di Puskesmas Mala-mala, sementara Radit meninggal saat perjalanan menuju Puskesmas yang sama.

Sementara Ramsi ditemukan meninggal usai dilakukan pencarian sekitar empat jam lamanya.

Korban ditemukan sekitar pukul 20.15 WITA, oleh Sahril Arif warga Desa Maruge yang turut melakukan pencarian menyusuri tepi pantai dari arah Desa Maruge menuju Desa Kalu-kaluku sejak pukul 19.00 WITA.

Menurut Sahril, Korban ditemukan dengan posisi tengkurap pada kedalaman setinggi dada orang dewasa. Sekitar 500 meter dari lokasi korban berenang.

Korban Ramsi saat di evakuasi kerumah duka. Foto: RH

“Kami berenam dari Desa Maruge, melakukan pencarian menggunakan dua perahu. Saya bertiga dengan teman di atas perahu. Setelah melihat korban dengan menggunakan senter, saya langsung menyelam dan mengangkat menggunakan dua tangan saya,” kata Sahril, Selasa (1/6/2021).

Setelah ditemukan korban di evakuasi ratusan orang menuju rumah duka dan disambut histeris keluarga korban.

Ayu salah satu korban tenggelam saat di evakuasi menuju rumah duka. Foto: RH

Ketiga korban diketahui terseret arus sungai saat salah seorang teman mereka memberitahukan warga setempat.

Menurut Kepala Desa Kalu-kaluku, Ahmad Randi, SE, kejadian bermula saat dua orang korban Radit dan Ramsi terseret arus sungai saat bermain di muara sungai.

“Melihat mereka terseret arus, Ayu berisiatif menolong namun naas dia juga ikut terseret arus laut, dan dinyatakan meninggal saat berada di puskesmas Mala-mala,” kata kades Kalau-kaluku, Rabu (1/6/2021).

 

Laporan: RH